Sukabet77

Friday, November 17, 2017

4 Spesies Ayam Hutan yang Langka Di Seluruh Dunia

Dari banyaknya spesies yang ada diseluruh dunia terdapat 4 spesies ayam hutan yang paling langka. Keempat jenis ini banyak menyebar diseluruh negara asia tenggara seperti Srilanka, Malaysia, Thailand, Vietnam termasuk juga Indonesia.

Spesies Ayam Hutan



Agen Sabung Ayam, Ayam hutan yang merupakan spesies turunan burung Gallinaceois, dimana burung besar ini memilii bulu yang berwarna warni pada jantannya. Bisa dikatankan seperti burung merah yang memiliki bulu cantik. Untuk ayam jantannya tidak memiliki peranan dalam mengeram telur hanya betinanya saja yang bertugas mengeram telur hingga menetas.
Jantannya hanya mencari makan dari biji-bijian yang akan diberikan pada ayam betina yang sedang mengeram. Ayam Jantan muda hanya memakan biji-bijian dan juga memakan serangga.

Terdapat 4 spesies Ayam Hutan yang menyebar di seluruh negara asia mulai dari India, Malaysia dan negara asia tenggara termasuk Indonesia.

  • Ayam Hutan Hijau - Jenis ini memiliki nama latin Dallus Varius. Diyakini merupakan nenek moyang ayam yang sekarang banyak dipelihara sebagian masyarakat yang ada di indonesia. Panjangnya bisa mencapai 60 cm sedangkan yang betina lebih kecil berukuran 42 cm. Ayam hijau ini tersebar dikepulauan jawa dan nusa tenggara termasuk kepulauan bali. Jengger yang unik tidak bergerigi tetapi berbentuk melengkung bular dengan warna merah dan ditengahnya memiliki warna kebiruan. Baca Juga : Ciri-Ciri Ayam Hutan Hijau
Spesies Ayam Hutan


  • Ayam Hutan Merah - Ayam hutan merah yang memiliki ukuran fisik dengan panjang 78 cm. Untuk ukuran betina lebih kecil dengan bulu leher dan tungkup serta mantel meruncing yang berwarna kuning cokelat kemerahan. Memiliki kulit muka berwarna merah,bulu punggung hijau gelau dan sisi bawah tubuh berwarna hitam mengkilap. Dikepalanya terdapat jengger bergerigi dan gelambir berwarna merah.
Spesies Ayam Hutan


  • Ayam Hutan Kelabu - Adalah salah satu spesies dari ayam hutan yang memiliki nama latin Gallus Sonneratil. Jenis ini memiliki ukuran tubuh yang panjangnya mencapai 84 cm sedangkan yang betina memiliki ukuran tubuhnya yang lebih kecil sekitar 38cm.
Spesies Ayam Hutan


  • Ayam Hutan Srilanka - Yang disebut juga dengan ( Ayam Hutan Ceylon ). Merupakan jenis burung bagi kebangsaan srilanka yang berkaitan erat dengan ayam hutan merah yang sangat liar karena trahnya.
Spesies Ayam Hutan


Demikianlah ke 4 ayam hutan yang sudah sangat langka. Semoga dengan adanya artikel ini berserta dengan foto anda dapat menjaga kelestarian dari ayam ini.

No comments:

Post a Comment