Sukabet77

Friday, November 17, 2017

Ciri-Ciri Ayam Hutan Hijau

Seperti yang pernah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa ayam hutan hijau memiliki nama latin Gallus Varius. Spesies burung ini merupakan trah Phasianidae kelompok dari burung puyuh dan merak. Green Junglefowl dalam bahasa Inggrisnya karena warna yang terdapat pada ayam ini.


Ciri-Ciri Ayam Hutan Hijau

Agen Sabung Ayam, Ayam yang memiliki ukuran tubuh yang besar dan juga panjang mencapai 60 cm ( sesuai ukuran dari ujung paruh hingga ujung ekor ) sedangkan pada betinanya hanya 42 cm saja. Memiliki bulu yang sangat cantik dengan warna hijau mengkilat dengan tepian berwarna hitam jika di lihat sekilas seperti sisik ikan mas. Serta dihiasi dengan bulu pinggul yang meruncing kuning keemasan. Iris merah dengan paruh yang berwarna kuning keputihan dan kaki yang berwarna kuning kemerahan.
Ayam ini dikenal dengan tempat yang terbuka seperti banyak rumput dan juga tempat yang luas seperti di tepian bukit dekat pantai. Pakan yang dicari juga sangat unik seperti cacing, katak, laba-laba dan juga belalang. Namun lebih banyak mencari pakan biji-bijian dan juga pucuk rumput sebagai pakan obat. Jika pada malam hari ayam ini akan tidur dibagian pohon-pohon yang tingginya mencapai 4 meter diatas tanah.
Waktu yang baik untuk ayam ini berkembang biak tergantung dengan kondisi cuaca dimana bulan Oktober sampai November untuk wilayah jawa barat dan Maret-Juli untuk wilayah jawa timur. Untuk mengeramkan telur juga sangat unik sesuai dengan namanya ayam hutan yang beralaskan tanah dan semak-semak belukar. Telur yang diberikan dari ayam ini tidaklah banyak. Hanya 4-5 telor aja saat betina bertelur.
Baca Juga : Tips Menilai Ayam Bangkok Asli Atau yang Palsu
Satu lagi keunikan yang ada pada ayam hutan ini adalah bisa terbang untuk menghindari dari bahaya. Namun hanya terbang lurus sejauh 7 meter jauhnya. Ayam ini juga diyakini dapat melintasi pulau ke pulau untuk ukuran yang dekat dengan terbang diatas lautan.
Ayam ini merupakan nenek moyangnya ayam berkisar yang diternak oleh peternak dari jawa timur dengan mengkawinkan ayam kampung. Berkisar ini mendapatkan bulu-bulu indah dan suara kokok yang sangat khas dari ayam hutan hijau ini. Akan tetapi mengikuti gen ayam kampung yang berukuran sedikit lebih besar.
Demikianlah Beberapa Ciri-Ciri Ayam Hutan Hijau Yang Diyakini Nenek Moyangnya Ayam Kampung.

No comments:

Post a Comment